Minggu, 15 Juli 2012

‘PAYUNG’ DUCATI UNTUK VALENTINO ROSSI DI MUSIM 2013


Ducati bekeinginan untuk mempertahankan Valentino Rossi sebagai pembalap utama mereka di bawah payung tim pabrikan untuk berkompetisi di MotoGP pada musim 2013.

Masa kontrak Valentino Rossi memang bakal habis pada akhir musim ini. Untuk itu, pabrikan yang bermarkas di Bologna tersebut akan duduk bersama untuk membicarakan perpanjangan kontrak menjelang akhir musim.
Rossi menginginkan untuk membalap di MotoGP setidaknya hingga musim 2014. Tetapi, sejauh ini pembalap Italia tersebut masih belum mampu tampil kompetitif sejak membalap dengan memakai motor Desmosedici. Perjuangan keras yang dihadapi Rossi memicu munculnya sejumlah rumor yang menyebut bahwa ia akan meninggalkan tim Ducati.
Sejauh ini Valentino Rossi mampu memperbaiki penampilan dan ini sudah bisa ia buktikan dengan finish ke-7 yang diraihnya saat melakoni balapan MotoGP Estoril pekan lalu. Posisi finish terbaiknya musim ini tersebut merupakan buah dari kesuksesan eksperimen terhadap set up motor GP12 yang lebih bergaya ala karakter Ducati.
Tetapi finish 26 sekon di belakang Casey Stoner yang memenangkan race GP Portugal tidak membuat Valentino Rossi maupun Ducati bersantai-santai. Mereka diharuskan untuk menemukan solusi jitu untuk mengatasi masalah understeer maupun pelepasan tenaga motor GP12 yang ganas.
Sejumlah rencana telah disusun untuk mencari terobosan atas sejumlah permasalahan tersebut melalui update baru pada mesin ataupun sasis. Ducati akan melakukan tes selama tiga kali sebelum mempergunakan mesin baru di balapan Silverstone jika Rossi dan Nicky Hayden menyukai spesifikasi baru tersebut kemudian upgrade yang lebih lengkap akan diturunkan pada pada seri Laguna Seca, yang merupakan balapan kandang Hayden.
Valentino Rossi mengungkapkan kalau dirinya cukup optimis dapat memperbaiki sejumlah permasalahan minor pada motor GP12 dalam musim ini.
Jika kerja keras yang diupayakan oleh Ducati tersebut menuai sukses, maka Valentino Rossi memiliki peluang besar untuk menyetujui perpanjangan kontrak dengan Ducati untuk musim depan.
Ketika dimintai keterangannya perihal perpanjangan kontrak Rossi di Estoril pekan lalu, bos Ducati, Claudio Domenicali mengatakan: ”Ada kemungkinan besar Rossi akan membalap bersama Ducati musim depan dan menjelang akhir musim ini kami akan duduk bersama dan membicarakan ini dengan Valentino.
“Kami mengadakan sejumlah rapat yang berjalan lama yang diikuti Filippo dan Valentino di Estoril. Saya pikir sekarang sudah ada pembahasan umum untuk rencana ke depannya.
“Traksi belakang dan memperbaiki akselerasi merupakan fokus utama dan ini melibatkan sejumlah update mesin, elektronik dan power delivery. Kesemuanya merupakan bagian yang turut mempengaruhi masalah understeer.
“Terdapat sejumlah aspek positif yang kami pelajari dari balapan ini (Estoril). Untuk pertama kalinya, Valentino dapat mempergunakan set up dasar yang sama sepanjang akhir pekan dan ia bisa membalap dan mengendarai motornya dengan konsisten.”

0 komentar:

Posting Komentar