Minggu, 15 Juli 2012

Lorenzo Kembali Berjaya Taklukkan Sirkuit Mugello

Foto: Google Image
Foto: Google Image
FLORENSIA— Jorge Lorenzo sepertinya memang berjodoh dengan Sirkuit Mogello, Italia. Setelah menang di 2004 dan 2011, jagoan Yamaha itu sukses finis di urutan pertama seri kesembilan Grand Prix (GP) Italia, Minggu (15/7).
Lorenzo memecundangi pemegang pole, Dani Pedrosa dari Honda sejak di tikungan pertama. Namun pembalap berdarah Spanyol tersebut sempat mengalami masalah di putaran ketiga sampai akhirnya dia benar-benar menjaga keunggulan lima detik di depan seluruh pembalap hingga akhir balapan.
Hasil di Mugello menjadi kemenangan kali kelima di musim ini. Kecemerlangan di Mugello kian terasa manis karena ia kian kokoh di puncak klasemen sementara pembalap MotoGP dengan keunggulan 19 poin di atas Pedrosa. Artinya, kans Lorenzo untuk merebut gelar juara dunia musim ini semakin lebar.
Pedrosa sebenarnya bermain tidak terlalu buruk. Ia menjadi pesaing utama bagi Lorenzo di seri balapan kali ini setelah ia mampu melepaskan diri dari bayang-bayang pembalap Tech 3 Yamaha, Andrea Dovizioso, hingga putaran kelima. Tapi ia dengan terpaksa mengakui keunggulan Lorenzo dan hanya finis di urutan kedua.
Rekan satu tim Pedrosa, Casey Stoner menunjukkan performa yang sangat menyedihkan. Sang juara dunia  menjadi satu-satunya pembalap yang menggunakan ban belakang alternatif tipe keras. Stoner sempat terlempar ke peringkat delapan bisa bangkit ke posisi kelima. Ia kembali mengalami masalah dan harus terjatuh ke posisi ke-10 dan berduel sengit dengan pembalap Gresini Honda, Alvaro Bautista untuk mengakhiri balapan di peringkat kedelapan.
Dovizioso sendiri mengalami problema kecil dan tidak bisa berlomba secara impresif untuk menyaingi Pedrosa. Tapi setidaknya, pembalap Italia itu bisa melewati pembalap LCR Honda, Stefan Bradl untuk finis di urutan ketiga. Sedangkan kompatriotnya, Valentino Rossi dari Ducati finis di urutan kelima di belakang Bradl.
Rekan satu tim Rossi, Nicky Hayden hanya finis di urutan ketujuh. Di sela-sela balapan, pembalap Amerika Serikat (AS) itu diisukan bakal pindah ke ajang World Superbike.  Namun itu rumor tersebut langsung dibantah sang pembalap.
“Saya tidak memikirkan itu. Semua orang mengatakan saya bicara dengan Ducati tentang World Superbikes. Ini tidak pernah disebutkan. Itu sebuah rumor seperti mereka tahu segalanya, yang membuatku terbahak,” jelas Hayden.

Hasil GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (15/7): 

No       Pembalap         Tim      Waktu/Gap
1          Jorge Lorenzo  Yamaha Factory Racing            41 menit 37,477 detik
2          Dani Pedrosa    Repsol Honda  +5,223 detik
3          Andrea Dovizioso         Monster Yamaha Tech 3          +10,665 detik
4          Stefan Bradl     LCR Honda     +10,711 detik
5          Valentino Rossi Ducati +11,695 detik
6          Cal Crutchlow  Monster Yamaha Tech 3          +12,060 detik
7          Nicky Hayden  Ducati Team     +12,235 detik
8          Casey Stoner Repsol Honda Team       +30,617 detik
9          Hector Barbera            Pramac Racing +31,728 detik
10        Alvaro Bautista             San Carlo Honda Gresini          +34,589

Klasemen Sementara Pembalap 
No       Pembalap         Tim      Poin
1          Jorge Lorenzo Yamaha Factory Racing            185
2          Dani Pedrosa    Repsol Honda              166
3          Casey Stoner    Repsol Honda              148
4          Andrea Dovizioso         Monster Yamaha Tech 3          108
5          Cal Crutchlow              Monster Yamaha Tech 3          95

0 komentar:

Posting Komentar